Empat Formasi CPNS Pontianak Tidak Terisi

PONTIANAK, KB1 – Dalam penerimaan CPNS tahun 2014, sebanyak 77 orang pelamar dinyatakan lulus sebagai Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemkot Kota Pontianak. Namun dari 84 formasi yang dibuka, terdapat empat formasi yang tidak terisi oleh para pelamar.

Kepala BKD Kota Pontianak Khairil Anwar mengatakan hingga kini seluruh rangkaian penerimaan CPNS tahun 2014 di Kota Pontianak berjalan dengan lancar dan tertib. Pengumuman para peserta yang lulus seleksi dapat dilihat di papan pengumuman kantor BKD kota Pontianak. Dia juga mengatakan dalam penerimaan kali ini terdapat 4 formasi yang tidak terisi akibat tidak ada pelamar maupun tidak lolos passing grade.

“Empat formasi yang kosong yakni Pamong Praja dan Teknik Pelayaran, kosong pelamar sedangkan Teknisi Elektro Medis dan Guru Kapal Niaga tidak lolos passing grade,” kata Khairil kepada kalbarsatu.com, Rabu (26/11/2014).

Untuk itu, BKD akan melaporkan kekosongan formasi kepada Kemenpan agar bisa dicarikan solusinya. Selanjutnya, Khairil Anwar juga mengatakan kualitas para peserta dalam penerimaan CPNS tahun 2014 ini terbilang sangat mumpuni.

“Berdasarkan data BKD, total nilai tertinggi yang diraih oleh pelamar CPNS Pemkot mencapai 424. Hal tersebut menunjukkan bahwa kompetensi penerimaan CPNS cukup ketat,” ungkapnya.

Saat ini rasio antara jumlah penduduk kota pontianak dengan tenaga Pegawai Negeri Sipil di Kota Pontianak baru mencapai angka 1,1. Sedangkan rasio nasional berada pada angka 1,9. Padahal ratio ideal untuk jumlah penduduk dengan tenaga Pegawai Negeri Sipil adalah 1,4.

“Dengan jumlah penduduk sekitar 600 ribu jiwa maka idealnya Kota Pontianak memiliki tenaga PNS sejumlah 9.000 orang, sedangkan berdasarkan data BKD per bulan Desember 2013 lalu total PNS di Kota Pontianak baru mencapai angka 6.681 orang,” jelas Khairil. (Tan/02)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1327 kali