GenBI Bantu Alat Pengolahan Air Bersih ke Pesantren

PONTIANAK, KB1 – Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalbar di Pontianak melalui Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) salurkan bantuan alat pengolahan air bersih ke Pesantren Ma’hadul Banin Mu’tashim Billah di Jalan Purnama II, Pontianak Selatan, Selasa (30/12/2014).

Pimpinan Pondok Pesantren Ma’hadul Banin Mu’tashim Billah, H. Yahya merasa senang adanya bantuan penyediaan air bersih di lingkungan pondok pesantren. Sehingga harapan mereka bisa mendapatkan air bersih bisa tercapai karena sangat membantu kebutuhan air bersih para penghuni pesantren.

“Alat pengolahan air bersih ini sangat bermanfaat, apalagi setiap tahun jumlah santri terus bertambah,” katanya.

Pondok pesantren Ma’hadul Banin Mu’tashim Billah berdiri sejak Tahun 2007 silam dengan jumlah santri   saat ini mencapai 207 orang yang sangat memerlukan ketersediaan air bersih. “Sebab PDAM belum ada dan selama ini kita masih menggunakan air sungai untuk keperluan mandi dan nyuci, sedangkan untuk konsumsi kami menggunakan air hujan,” ungkapnya.

Semantara itu, Kepala BI Perwakilan Kalbar, Dwi Suslamanto mengatakan bantuan yang diberikan merupakan gagasan dari GenBI. GenBI sendiri merupakan mahasiswa yang menerima beasiswa dari BI dan sering mengelar kegiatan sosial, ekonomi, wirausaha, pendidikan dan kesehatan.

“Mereka mengajukan proposal ke BI kemudian kita analisis untuk biaya yang diperlukan, namun terkadang mereka menggunakan dana sendiri,” katanya seraya menambahkan kegiatan sosial seperti ini baik untuk  mengasah jiwa kewirausahan dan akan memunculkan jiwa sosial yang bagus. (Sai/02)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1284 kali