Hama Keong Serang Padi Petani Kubu Raya

KUBU RAYA, KB1 – Memasuki musim penghujan, para pengusaha tani di Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya dipusingkan dengan hama keong. Pasalnya sejak sebulan terakhir padi milik mereka banyak yang digerogoti oleh binatang bercangkang tersebut.

Poleang, salah satu petani di Kabupaten Kubu Raya mengatakan serangan hama keong rutin terjadi setiap tahunnya terutama saat musim hujan datang. Tahun ini, Keong-keong tersebut mulai muncul sekitar bulan oktober lalu dan telah menggerogoti padi miliknya.

“Para petani telah melakukan berbagai upaya pengendalian keong ini, salah satunya dengan cara menyemprotkan anti hama namun keong-keong tersebut tak kunjung mati,” katanya kepada kalbarsatu.com, Kamis (13/11/2014).

Keluhan serupa juga dirasakan Fatimah, petani lainnya. Menurut dia, hama keong sepertinya menjadi masalah pertanian yang belum terselesaikan dengan baik di Kalimantan Barat maupun Indonesia secara umum. Sebab hama ini tergolong organisme kosmopolitan dan memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan ekstrim.

“Akhirnya para petani terpaksa menggunakan cara manual untuk memberantas keong ini yaitu dengan menangkap indukan dan merusak telurnya,” jelas Fatimah. (Tan/02)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1445 kali