Harga Buah Tidak Stabil

Harga buah di Kota pontianak saat ini tidak stabil. Hal tersebut terjadi pada beberapa jenis buah seperti durian, rambutan, dan langsat. Para pedagang mengaku sudah terbiasa menyikapi turun naiknya harga yang cukup mencolok tersebut.

Menurut seorang pedagang buah di kawasan Jalan Gajahmada Pontianak, Hadi (32), harga buah-buahan yang tergolong buah musiman seperti durian, rambutan dan langsat sangat dipengaruhi oleh ketersediaannya di pasaran.

Pada awal dan akhir musim biasanya harga buah akan lebih tinggi dibandingkan saat pertengahan musim karena stoknya yang melimpah di pasaran. Tidak itu saja, para pedagang tersebut juga mengungkapkan bahwa ketersediaan buah dan minat beli konsumen merupakan faktor menjadi pertimbangan mereka dalam menetapkan harga jual.

Baca :  Daftar ke PKB, Andi Harun-Sugioto (Rico) Berpasangan Maju Pilwako Pontianak

Hadi menambahkan, turun naiknya harga buah musiman di Kota pontianak disebabkan mekanisme pasar secara alamiah. Ketersediaan buah musiman yang hanya ada pada waktu tertentu menjadi faktor utama yang menyebabkan fenomena ini terjadi.(tan)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1353 kali