Ikut Seminar Budaya, Peserta Pakai Kostum “Telok Belanga”

PONTIANAK, KB1- Ada yang menarik dilakukan pegawai Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Pontianak pada saat menghadiri seminar Seni Budaya di Aula Sultan Syarif Abdurrahman (SSA) Kantor Walikota Pontianak, Rabu (15/10/2014).

Puluhan dari mereka mengenakan pakaian Telok Belanga. Ini merupakan pakaian tradisional khas Melayu Pontianak. Tak ayal, puluhan peserta seminar, terdiri dari guru, mahasiswa dan peserta Bujang Dare Kota Pontianak 2014.

Ketua panitia pelaksana, Nurdin mengatakan, seminar ini digelar dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Pontianak ke-243 tahun 2014. ini merupakan upaya Pemkot untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan seni budaya religius di daerah sekaligus untuk memperkaya khazanah kebudayaan.

“Kita mengenakan pakaian Telok Belanga ini untuk menunjukkan jati diri bangsa,” tuturnya.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Zumiyati hadir membuka secara resmi kegiatan seminar, mewakili Wakil Walikota Pontianak. Dalam sambutannya disampaikan bahwa seminar ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mempertahankan dan melestarikan seni budaya warisan nenek moyang.

“Dengan adanya seminar seni budaya pakaian Telok Belanga dan baju kurung diharapkan agar masyarakat bisa melestarikan seni budaya Kota Pontianak,” tuturnya. Bahkan baju tradisional ini akan dikenakan kembali pada perayaan HUT Kota Pontianak setiap 23 Oktober.(dew)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1768 kali