KABUT ASAP KEMBALI GANGGU PENERBANGAN

PONTIANAK, KB1 – Meski sempat membaik akhir pekan lalu, visibiltas atau jarak pandang di Bandara Internasional Supadio Selasa siang kembali memburuk. Akibatnya 20 penerbangan hari ini ditunda karena jarak pandang di lokasi bandara hanya mencapai 300 meter.

Bencana kabut asap di Propinsi Kalimantan Barat sepertinye belum berakhir, Selasa (22/9/15) pagi, kabut asap kembali mengganggu aktifitas penerbangan di Bandara Internasional Supadio. Berdasarkan data dari pihak Angkasa Pura, pagi ini jarak pandang di bandara tersebut hanya mencapai 300 meter.

“Sampai jam 11 pagi ini baru ada empat penerbangan yang berhasil diberangkatkan, jarak pandang kembali memburuk, tadi pagi pukul 06.00 bahkan hanya mencapai 300 meter” ujar Bayuh Iswantoro, General Manager Angkasa Pura 2.

Buruknya jarak pandang di Bandara Supadio mengakibatkan sejumlah penerbangan mengalami penundaan. Baik rute kebarangkatan maupun kedatangan terganggu sejak pukul enam pagi hingga pukul 12 siang, sedikitnya terdapat 20 penerbangan mengalami perubahan jadwal.

“Keberangkatan yang tidak beroperasi dilaporkan 8 flight, delay 11 flight sedangkan yang kedatangan tidak beroperasi 7 flight dan delaynya 9 flight. Jadi kabut asap ini masih cukup mengganggu aktifitas penerbangan” lanjut Bayuh.

Peralatan canggih yang terdapat di Bandara Supadio tak banyak membantu aktifitas penerbangan menghadapi kabut asap. Perangkat VISUAL ONLY DIRECTION DAN DISTANCE MEASURING EQUIPMENT yang berfungsi membantu proses pendaratan maupun lepas landas kurang berfungsi maksimal karena visibilitas yang sangat buruk (wah/06).

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1511 kali