Kenalkan Eksotik Gunung Gajah di Pemangkat

SAMBAS, KB1- Jika Anda hendak meluncur ke Kota Sambas, Kabupaten Sambas, daerah paling utara di Kalbar, tidak ada salahnya mampir sebentar di Kecamatan Pemangkat atau berjarak sekitar 20 kilometer dari kota Sambas.

Di kecamatan ini terdapat nama gunung nan unik. Gunung Gajah namanya. Bagi warga sekitar, nama gunung ini diambil karena menyerupai hewan gajah yang sedang duduk. Secara ilustrasi, fisik gunung ini bisa dilihat dari kejauhan, atau satu kilometer dari gunung tersebut.

Ridha (17), siswi SMA N 1 Pemangkat menyebutkan pemandangan di Gunung Gajah itu sangat indah dan menabjubkan. Setengah perjalanan menuju puncaknya ini sudah terlihat sangat indah.

“Subhanallah, pemandangan di sini memang sangat indah, sekarang baru setengah perjalanan sudah menakjubkan, apalagi di puncaknya,” tuturnya”kepada Muare FM.

Bagi Anda yang datang ke Pemangkat, tidak sah rasanya kalau tidak berkunjung ke puncak Gunung Gajah. Puncak gunung ini tidak kalah indahnya seperti puncak gunung yang berada di luar daerah Kalimantan. Puncak ini bisa ditempuh dari tepian gunung yang berada di Jalan Sisai, tak jauh dari Kompi Senapan B Pemangkat.

Jalan untuk menuju ke puncak masih dalam tahap pembangunan. Sekitar satu kilometer jalan yang sudah dibangun menggunakan semen beton ini dengan lebar 4 meter.

“Kita bisa menempuhnya dengan jalan kaki, namun berhati-hatilah saat berada di puncaknya, karena semakin tinggi jalan yang ditempuh maka jalan semakin curam,” tuturnya.
Pija (19), teman Ridha juga menambahkan puncak gunung ini sangat indah dan akan lebih baik lagi jika ada turis yang berkunjung di daerah ini.

“Coba kita foto lalu di unggah di facebook dan semoga ini menjadi minat turis yang berkujung di puncak gunung ini,” katanya, yang saat itu sedang berada di tengah puncak Gunung Gajah. (bob)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1658 kali