KMKS Berharap KPUD Sambas Sukses Gelar Pilkada

PONTIANAK, KB1 – Komite Mahasiswa Kabupaten Sambas (KMKS)  berharap dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di kabupaten Sambas Desember 2015 nanti Komisi Pemilihan Umum daerah (KPUD) akan menjalankan fungsinya sebagai penyelenggara pilkada dengan sukses, baik dan berkualitas, serta menghasilkan  pemimpin yang benar-benar diharaapkan oleh masyarakat.
“Kesuksesan tidak hanya dilihat pada saat penyelenggaraannya saja tetapi dampak yang dihasilkan. Pilkada harus berdampak pada kesejahteraan dan peningkatan taraf hidup masyarakat,” kata Pengurus KMKS Ersandi kepada Kalbarsatu.com

Menurut Ersandi, walaupun suasana kondusif tetapi ketika pelaksanaan prosesi Pilkada tidak ada perubahan perbaikan bagi masyarakat, maka sebenarnya pelaksanaan Pilkada telah gagal.
Jika dicermati, lanjutnya, prosesi penyelenggaraan pergantian kepemimpinan ini mengeluarkan biaya yang tidak sedikit belum lagi biaya yang dikeluarkan oleh para calon dan pendukungnya.
“Belum lagi dampak sosial politik di masyarakat, proses ini “memaksa” banyak pihak harus mengikuti dan mengkalkulasi semua kemungkinan yang terjadi,” jelasnya.

Lebih lanjut Ersandi mengatakan, pentingnya hajatan pemilihan ini bagi tatanan pemerintahan maupun masyarakat dan begitu besarnya anggaran yang dikeluarkan, maka keberhasilan dari Pilkada tidak cukup hanya dengan prosesi yang berjalan aman, demokratis, jujur dan kondusif. Tetapi Pilkada harus mampu melahirkan pemimpin yang bertanggungjawab untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik. (sai/03)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1424 kali