Ladang Padi di Pinggir Jalan A. Yani Jadi Pemandangan Menarik

Hamparan sawah yang menghijau di samping Jalan A. Yani tampak begitu indah dan menjadi pemandangan pusat kota yang menarik di Kabupaten Kubu Raya. Foto : Anwar

KUBURAYA, KB1 – Ladang padi di pinggir Jalan A. Yani menjadi pemandangan menarik pusat kota di Kabupaten Kubu Raya. Pasalnya hamparan sawah yang menghijau di samping jalan tampak begitu indah.

Sunardi, warga Teluk Mulus, Kubu Raya mengatakan sejumlah daerah wisata seperti di Bali sudah lama menjadikan hamparan sawah sebagai objek menarik bagi wisatawan. Meskipun di Kubu Raya belum sampai seperti itu, namun setidaknya keberadaan ladang padi di pinggir jalan A. Yani bisa dipertahankan. Sehingga bisa memberikan keindahan di kawasan tersebut yang menjadi pusat kota di kabupaten ini.

“Selain tampak indah, hamparan sawah tersebut sangat menyejukkan mata ketika kita melintas di wilayah itu,” ujarnya.

Penilaian serupa juga dilontarkan Darmanto, warga Sungai Raya Dalam, Pontianak Tenggara yang kerap melintas di kawasan tersebut. Menurut dia, hamparan sawah yang cukup luas di daerah itu, memberikan warna tersendiri bagi Kabupaten Kubu Raya. Selain terletak di pusat kota, Jalan A. Yani yang menjadi akses utama ke Bandara Supadio, tentu banyak dilintasi masyarakat dan memberikan pemandangan menarik bagi mereka.

“Yah bisa jadi hiburan juga bagi kita kalau mau ke Bandara, seperti melakukan perjalanan di daerah pedesaan tapi ini berada di tengah kota, pemandangan yang sangat indah,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sekarang konsep ekotourism sangat digemari oleh para wisatawan. Pariwisata seperti ini tentu sangat ramah lingkungan karena bisa menjaga kelestarian sawah dan lingkungannya. Sehingga pengalihfungsian  lahan sawah juga bisa ditekan untuk mendukung program ketahanan pangan pemerintah.

“Di daerah pedesaan sangatlah mudah menemukan hamparan sawah yang menghijau di samping jalan. Yah kalau kita rindu suasana kampung seperti itu, datang saja ke sini, bahkan ada pula rumah betang kecil di daerah tersebut yang bisa digunakan untuk bersantai,” tuturnya. (deL/02)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1686 kali