Pembalap Sepeda Luar Negeri Ramaikan Tour the Khatulistiwa

PONTIANAK, KB1- Sejumlah pembalap dari luar negeri memastikan hadir mengikuti “Tour the Khatulistiwa” 2014 di Kalbar yang akan dihelat penghujung Oktober ini. “Even ini menjadi momen penting untuk mengenalkan Kalbar di mata internasional,” kata Sekda Kalbar, M Zeet Hamdi Assovie, saat memberi penjelasan di ruang kerjànya, usai menggelar rapat persiapan pelaksanaan, Rabu (08/10/2012) siang, sekitar jam 12.00 WIB.

Tour the Khatulistiwa merupakan kegiatan balap sepeda di Kalbar. Belasan negara akan mengikutinya, yang berasal dari belahan dunia. Mulai Asia hingga Afrika. Adapun rute lintasan yang akan dilalui peserta yaitu Pontianak-Landak-Bengkayang-Singkawang-Pontianak.

Balap sepeda dilakukan secara maraton per lintasan dalam kurun waktu beberapa hari.
Menurut M Zeet, yang penting dari kegiatan ini adalah untuk menunjukkan kepada masyarakat internasional bahwa Kalbar merupakan daerah yang kondusif.

“Makanya sangat strategis dan harus kita dukung bersama agar pelaksanaannya sukses nanti,” ajak Sekda.

Syawal Boendoreso, selaku panitia pelaksana yang juga Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalbar menyebutkan hadiah yang disediakan untuk peserta balap sepeda sebesar Rp 750 an juta.

“Ini untuk tahun permulaan. Untuk tahun berikutnya akan terus ditambah hadiahnya hingga mencapai angka miliaran,” imbuhnya.

Sebànyak 20 tim ikut ambil bagian dalam semarak balap sepeda spektakuler ini. Masing-masing tim mengutus lima peserta, sehingga secara keseluruhan mencapai 100 pembalap.

“Sebenarnya beberapa tim dari dalam dan luar negeri kepingin ikut, namun keburu pendaftaran sudah kami tutup. Semoga yang belum berkesempatan, bisa mengikuti even ini tahun depan,” tukas Dedi W Kurniawan, panitia yang juga Pengurus Propinsi ISSI (Ikatan Sepeda Sport Indonesia) Kalbar. (ank)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1557 kali