Pencarian AirAsia QZ8501 di Perairan Kalbar Terkendala Cuaca Buruk

PONTIANAK, KB1 – Tim Khusus Lanud Supadio Pontianak dan Basarnas Pontianak masih melakukan pencarian pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang kontak pada 28 Desember 2014. Upaya pencarian semakin berat akibat kondisi cuaca buruk di sekitar perairan Kalbar.

Danlanud Supadio Pontianak Kolonel Pnb Tedi Rizalihadi mengatakan hujan deras dan angin kencang yang melanda perairan di sekitar Kalimantan Barat menjadi kendala dalam proses pencarian. Sedangkan lokasi hilangnya pesawat diperkirakan pada titik metikol  mile di ring 176 dari Pontianak. Selain itu, Radar Basarnas menemukan sinyal biken dengan jarak 30 metikol mile bering 205 dari Pangkalan Bun.

“Lanud Supadio sendiri menurunkan Heli Puma 3310 dalam proses pencarian pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang, namun upaya pencarian belum membuahkan hasil akibat terkendala cuaca ekstrem,” katanya, Senin (29/12/2014).

Selain itu, lanjut dia, pesawat jenis Boeing Super Lion dari Makasar juga turut diturunkan dalam proses pencarian. Pesawat akan tiba di Bandara Supadio, karena diperkirakan lokasi hilangnya pesawat AirAsia QZ8501 berada di kawasan Kalbar – Kalteng. Hingga kini, pencarian masih berlangsung untuk  menemukan lokasi tepat jatuhnya pesawat.

“Bagi masyarakat yang mengetahui informasi keberadaan pesawat di daerah mereka diminta segera menghubungi Posko Basarnas di Supadio Pontianak atau ke Kantor Polisi terdekat,” kata Tedi. (Ang/02)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1186 kali