Pencemaran Udara Bahayakan Kesehatan

PONTIANAK, KB1 – Pencemaran udara menimbulkan berbagai dampak negatif, baik bagi lingkungan maupun kesehatan manusia. Jika udara kotor nan tercemar terhirup dan masuk dalam sistem respirasi manusia maka dapat menyebabkan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan.

Dokter YARSI Pontianak, dr Sapuan Uddin mengatakan udara tercemar adalah udara yang mengandung gas-gas beracun ataupun partikel-partikel barbahaya seperti debu. Jika masuk ke dalam sistem respirasi manusia maka agen-agen pencemar tersebut berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan.

“Gangguan kesehatan ini bisa mulai dari penyakit ringan seperti alergi hingga yang berakibat fatal seperti ISPA,” katanya kepada kalbarsatu.com, Selasa (16/12/2014).

Selain partikel debu, lanjut dr Sapuan, agen pencemar udara yang lain adalah gas karbon. Gas tersebut merupakan hasil pembakaran tidak sempurna dari mesin-mesin berbahan bakar fosil seperti kendaraan bermotor. Gas tersebut berbahaya bagi kesehatan karena memiliki daya ikat yang lebih kuat dengan hemoglobin dibandingkan oksigen.

“Jika terhirup dalam jumlah yang banyak, maka gas tersebut akan menyebkan lemas, pingsan hingga kematian,” ungkapnya.

Ia menambahkan untuk mengantisipasi penyakit yang ditimbulkan oleh udara yang kotor maka penggunaan masker sangat direkomendasikan. Terutama pada saat kualitas udara sedang buruk akibat kabut asap. “Masker yang baik adalah masker sekali pakai,” jelasnya. (Tan/02)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1348 kali