Persiapkan Cadangan Air! Curah Hujan Akan Menurun

Infografis Prospek Curah Hujan Kalbar Staklim Mempawah.

Mempawah – Sudah saatnya Anda menyiapkan cadangan air hujan di Rumah. Karena secara umum curah hujan di wilayah Kalbar akan cenderung menurun di akhir tahun 2018 ini.

Stasiun Klimatologi (Staklim) Mempawah memprakirakan, dari tanggal 26 hingga 31 Desember 2018, curah hujan hanya berkisar antara 30 – 50 mm/pentad. Dengan kecenderungan anomali negatif yang berarti lebih rendah dari normalnya. Penurunan ini pun diprakirakan akan lebih tinggi di bagian pesisir selatan dibanding wilayah lainnya.

Sementara itu suhu udara di Kalimantan Barat dalam lima hari ke depan juga diprakirakan akan lebih hangat dari normalnya, yakni  0.3 – 0.6 Derajat Celcius.

Kepala Stasiun Klimatologi Mempawah, Wandayantolis menghimbau bagi masyarakat yang biasa memanfaatkan air hujan untuk dikonsumsi dan sebagainya, agar sebaiknya mempersiapkan cadangan air tersebut.

“Masyarakat yang memanfaatkan air hujan diharapkan mempersiapkan cadangan air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena potensi hujan beberapa hari ke depan diprakirakan rendah,” himbaunya. (Uli)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1449 kali