Pesawat Asing Terobos Wilayah Udara Kalbar

PONTIANAK, KB1 – Pesawat tempur Lanud Supadio Pontianak berhasil mengamankan pesawat asing yang terbang di wilayah udara Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (28/10/2014). Pesawat jenis Beechcraft VHF FK ini melintas di Wilayah NKRI dari rute Sibu, sebelah Timur Kuching dan hendak menuju Singapura.

Kepala Penerangan Lanut Supadio Pontianak Kapten Indro, mengatakan pesawat jenis Beechcraft VHF FK diketahui terbang tanpa izin dan dipaksa hidding ke selatan. Setelah dikejar menggunakan pesawat tempur, mereka berhasil diamaknakan sekitar pukul 13.30 WIB.

“Pilot diketahui warga RRC yang terbang didampingi seorang instruktur pesawat, kini pesawat asing tersebut sudah mendarat di Bandara Supadio,” ujar Kapten Indro, saat dihubungi via telpon, Selasa (28/10/2014).

Menurut dia, kedua warga asing yang diamankan kini sedang diintrogasi. Mereka menjalani pemeriksaan untuk mendalami kronologi sampai berani melewati wilayah udara NKRI. “Keduanya masih ditahan sampai proses pemeriksaan selesai, begitu pula pesawat yang digunakan,” jelasnya. (Dik)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1415 kali