Petani Rasau Tanam Jagung, Sambut Panen di Tahun Baru

KUBU RAYA, KB1- Petani jagung Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya mulai bersiap menanam jagung untuk mencukupi permintaan kebutuhan akan jagung setiap kali memasuki tahun baru 2015 mendatang.

Satu diantara petani jagung Rasau Jaya, Mulyano mengatakan “Kami belajar dari tahun-tahun sebelumnya. Setiap kali memasuki akhir Oktober sampai November kami beralih untuk menanam jagung,” ujarnya kepada kalbarsatu.com.

Ia pun memprediksi, begitu memasuki akhir Desember, atau seminggu menjelang tahun baru, jagung yang ia tanam sekarang sudah bisa dipanen. Biasanya pada bulan seperti itu, permintaan akan jagung meningkat. Meski hanya momen tahunan, petani seperti Mulyono dan yang lainnya ikut kecipratan rezeki, untuk menambah kebutuhan hidup keluarga.

“Kalau mendekati tahun baru permintaan jagung bertambah, biasanya pembeli langsung datang kepada kami untuk menawarnya langsung” katanya.

Pantauan kalbarsatu di Rasau Jaya, Mulyono dan petani lainnya terlihat asyik membersihkan lahan. Di lahan tersebut mereka nantinya akan menanam jagung manis.

“Jika saat panen kami bahkan membuat lapak sendiri di depan rumah menjual jagung. Lumayan untuk uang tambahan,”tuturnya. Adapun pembeli paling banyak memesan jagung berada di Kota Pontianak dan Kabupaten Mempawah. (sai/01)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1647 kali