Program Kejayaan KB

PONTIANAK , KB1 – Deputi Bidang Advokasi dan Penggerakan Informasi, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Pusat, DR. Abidinsyah Siregar, mengatakan Borneo Semarak Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Keluarga Mupen On The Road (B-SMART Mother) tahun 2014 ini untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat di jalur-jalur yang dilalui akan kejayaan program Keluarga Berencana.

“Sebanyak 80 Mupen (Mobil Unit Penerangan) KB yang ikut serta dalam B-SMART Mother. Ini untuk mengingatkan kita kembali pada prestasi besar KB yang luar biasa yang telah dilakukan puluhan tahun lalu,” katanya ketika acara puncak B-SMART Mother di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, baru-baru ini.

Di era Presiden Suharto, program KB pernah mengalami kejayaan dan berhasil menekan jutaan kelahiran, sehingga Indonesia tidak mengalami ledakan penduduk, seperti yang diprediksikan sebelumnya.
Melalui Borneo Semarak Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Keluarga Mupen On The Road yang merupakan inisiasi 4 provinsi di Kalimantan. Sementara agenda nasional, Mupen KB On The Road tahun 2014 ini dilaksanakan di Pulau Sulawesi dan di tahun sebelumnya dilaksanakan di Pulau Sumatra.

“Ternyata rekan-rekan di Kalimantan, tidak mau menunggu waktu lama, langsung mengambil inisiatif melakukan gerakan Mupen on the road ini. Semula hanya 3 provinsi. Provinsi Kalbar awalnya tidak bisa ikut serta karena terlalu jauh menempuh provinsi lain di pulau Kalimantan. Tapi karena semangat untuk mempromosikan KB hingga ke daerah pedalaman dan terpencil mengalahkan segala-galanya,” kata Abidinsyah mengapresiasi.

Borneo Semarak Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Keluarga Mupen On The Road ini merupakan upaya promosi, meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat, serta pengembangan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Keluarga yang disesuaikan dengan lingkungan strategis.

“Karena pembangunan keluarga, sejalan dengan revolusi mental yang digaungkan oleh Presiden Jokowi dan revolusi mental ini yang membentuk karakter manusia dan Bkkbn ada dalam satu unsur kabinet kerja yang berawal dari keluarga,” jelas Deputi Adpin BKKBN Pusat ini.

Kepala Perwakilan BKKBN Kalimantan Tengah selaku Ketua Panitia Kegiatan, Kusnadi, mengungkapkan B-SMART Mother) tahun 2014 merupakan bagian dari advokasi BKKBN kepada masyarakat.
“Keberhasilan program Kependudukan dan Keluarga Berencana tercapai dari hasil advokasi secara terus menerus dan berkesinambungan,” katanya.

Ia mengatakan, penamaan B-SMART Mother ini dikarena secara nasional Angka Kematian Ibu di wilayah Kalimantan cukup memprihatinkan, yaitu dari 288 per 100 ribu kelahiran, meningkat menjadi 359 per 100 ribu kelahiran. “Melalui momen B-SMART Mother ini, BKKBN ingin menggugah, khususnya kaum ibu untuk memperhatikan kesehatannya,” kata Kusnadi.

Selain itu, B-SMART Mother 2014 ini juga untuk meningkatkan pendayagunaan Mobil Unit Penerangan (Mupen) KB sebagai sarana KIE program Kependudukan dan Keluarga Berencana. “Menggerakkan masyarakat dalam pembangunan keluarga, menggalang komitmen stakeholder Kependudukan dan Keluarga Berencana serta meningkatkan kinerja dan akses infomasi KIE program KKB,” tambah Kusnadi. (Dna/02)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1352 kali