RSUD Soedarso Catat Ada Peningkatan Pasien DBD

PONTIANAK, KB1- Rumah Sakit Daerah Umum (RSUD) Soedarso mencatat terjadi peningkatan pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) yang mendapat perawatan di rumah sakit ini. Humas RSUD SOedarso, Bahrudin, wabah DBD setiap bulan terus meningkat. Pada April- Oktober ada 265 pasien yang ditangani tim medis dan tiga orang di antaranya meninggal.

Pihak RSUD pun mengimbau masyarakat selalu menjaga kebersihan saat musim hujan, karena dikhawatirkan menjadi sarang dari gigitan nyamuk. Adapun data rincian peningkatan jumlah pasien meliputi, April ada 19 kasus, Mei ada 39 kasus, Juni ada 43 kasus, Juli ada 47 kasus, Agustus ada 52 kasus dan Oktober ada 65 kasus.

“Kami selalu mencatat setiap akhir bulan dan ini jelas setiap bulan terus meningkat mengenai pasien DBD dan yang paling banyak terserang wadah ini adalah anak-anak,” kata Bahrudin.

Baca :  Daftar Cawako di PKS, Andi Harun Siap Membangun Mendidik Masyarkat

“Ini dikhawatirkan karena wabah ini cukup sulit untuk ditangani. Apalagi kebanyakan pasien kalau sudah kondisi parah baru di bawa ke rumah sakit,” tuturnya.

Pihak rumah sakit sendiri mengimbau bila sudah tiga hari demam dan kondisinya terus menurun agar secepatnya di bawa ke unit pelayanan terdekat. “Jangan sampai sudah keadaan gawat baru dibawa ke rumah sakit,” katanya.

Baca :  Daftar Cawako di PKS, Andi Harun Siap Membangun Mendidik Masyarkat

“Jangan lupa untuk menjaga lingkungan baik di dalam maupun di luar rumah dan jangan sampai nyamuk berkembang biak,” tambahnya. (sai/01)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1372 kali