Saksikan Tatung, Ada Penonton Ikut Kerasukan

PONTIANAK, KB1 – Puluhan tatung berkumpul di Vihara Paticca Samupadda Jalan Waru, Pontianak Kota, Kamis (05/03/2015). Atraksi para tatung inipun menarik perhatian ribuan warga untuk melihat secara langsung budaya masyarakat Tiong Hua tersebut. Ironisnya ada pula penonton yang ikut kerasukan.

“Memang pada hari raya Cap Go Meh atraksi tatung-lah yang paling mengesankan dibanding dengan yang lainnya, karena atraksi ini sangat jarang ditemukan,” kata Maria, satu diantara warga Tionghua yang menyaksikan atraksi Tatung.

Puluhan tatung menunjukan atraksi tubuhnya kebal terhadap senjata tajam. Seperti berdiri di atas pisau, menggorokkan senjata tajam di leher serta memperlihatkan beragam atraksi extrim lainnya. Sebelum atraksi digelar, para tatung terlebih dahulu melakukan ritual untuk memasukan roh gaib ditubuhnya.

“Yah mengerikan sih, tapi kita jadi penasaran. Makanya kita mau berdesak-desakan untuk melihat atraksi para tatung,” kata Maria.

Saking menariknya, ribuan warga rela berbondong bondong untuk menonton atraksi tatung. Bahkan ada satu diantara penonton, jatuh pingsan karena lemas pada saat berdempetan dengan ribuan warga lainnya. Tak hanya itu, ada pula penonton yang ikut kerasukan dan berbaur menjadi tatung yang beratraksi di keramaian masyarakat. (Fjr/02)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1524 kali