Sosok Dwi, Kepala BI Kalbar Mengatasi Inflasi

PONTIANAK, KB1- Tak pernah terpikirkan bagi Dwi bisa menginjakkan kaki ke tanah Borneo. Lebih tepatnya di Pontianak, Kalimantan Barat. Dwi Suslamanto nama lengkapnya. Ia adalah pimpinan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalbar.
Sebelum mengisi jabatan ini, Dwi merupakan Deputi Kepala BI Jember. Dwi sendiri merupakan pria kelahiran Nusa Tenggara Barat, 12 April 1970. Ia adalah lulusan S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya dan S2 Ekonomi Universitas Gajah Mada.

Adapun riwayat jabatannya meliputi 1997-2002 ditempatkan di Kantor BI Bengkulu. Pada 2002- 2011 ditugaskan di Kantor BI Yogyakarta. Pada 2011-2011 ditugaskan di Depertemen Pengelolaan Moneter dan pada 2011- 2014 Deputi Pemimpin Bidang Ekonomi Moneter Kantor Perwakilan BI Jember.

Ada pengalaman menarik bagi Dwi pada saat memimpin ekonomi moneter di BI Jember. Kala itu ia membawa Jember menjadi satu di antara produsen pangan di Jawa Timur.
“Bahkan daerah itu bisa mencukupi kebutuhan pangan di wilayah lain. Hasilnya program BI Jember menjadi program penguatan ketahanan pangan,” tuturnya.
Prestasi lainnya selama di Jember adalah mampu menekan inflasi dan menggerakkan sektor riil dari hal yang terkecil. Mulai dari pengembangan tanaman cabe sebagai klaser unggulan yang dengan latar belakangi oleh tingginya sumbangan cabe terhadap inflasi daerah Jembar. (sai/01)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1313 kali