Suasana Hutan Tengah Kota, Datang Saja ke Arboretum Untan

PONTIANAK, KB1 – Hutan ternyata tak selalu identik dengan daerah terpencil, nun, jauh di sana. Karena suasananya ternyata bisa dinikmati di tengah perkotaan. Pengen mencobanya? Datang saja ke Aroboretum Sylva Untan, yang terletak di jalan Jendral Ahmad Yani, Pontianak Tenggara. Di kawasan ini menyimpan berbagai jenis flora dan fauna.

Dengan luas areal 3,2 Hektar, Arboretum Sylva Untan ditumbuhi berbagai jenis tanaman, mulai dari semak hingga pohon dengan ketinggian belasan meter. Sementara faunanya, ada yang menetap maupun fauna migrasi berupa burung.

Riyo Suseno/ Ketua Sylva Indonesia PC Untan,  suasana alami di kawasan arboretum menjadi daya tarik bagi masyarakat yang ingin merasakan sensasi wisata alam. Makanya tak heran bila banyak yang berkunjung.  “Kami pun telah menyediakan tempat beristirahat bagi para pengunjung yang datang,” ujarnya Ketua Sylva Indonesia PC Untan, saat ditemui KB1 di kawasan arboretum, Juma (31/10/ 2014).

Selain menjadi tempat wisata, arboretum Sylva Untan juga berfungsi sebagai hutan kota karena kemampuannya dalam menyerap polusi karbon. “ Fungsi ekologis tersebut sangat penting untuk dipertahankan untuk mengurangi dampak buruk dari polusi udara,” ungkap Riyo. (tan)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1270 kali