Ternyata Kabupaten Ketapang Sumbang Kabut Asap di Pontianak

PONTIANAK, KB1- Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat ternyata penyumbang kabut asap sejumlah daerah, termasuk Pontianak. Kepala BPBD Kalbar, T.T.A. Nyarong menyebutkan saat ini titik api di Ketapang sekitar 139 api.

Sekarang ini titik api terbanyak di Ketapang. Sehingga kabut asap di sana menyebar ke Kota Pontianak,” kata Nyarong kepada Tribunpontianak.co.id, Senin (6/10/2014) pukul 11.30 WIB. Ia menuturkan, jumlah titik api di Kalbar sebanyak 153. Terbanyak hospotnya di Ketapang yaksi sebanyak 139 titik.

“Kita sudah meminta pejabat di Ketapang untuk segera menanggani masalah asap di sana,” ucapnya kepada tribunpontianak.com.

Terpisah, Sekretaris Daerah Kalbar, M Zeet menyatakan dalam waktu dekat akan menyiapkan surat resmi ke Pemkab Ketapang agar menyiagakan Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan.

“Supaya mereka mampu mengatasi kebakaran lahan yang terjadi,”  kata M Zeet, dikutip antarakalbar.com

Ia menambahkan, kalau butuh tambahan, dari Pemprov Kalbar siap membantu. Selain itu, juga disiapkan surat ke Polda Kalbar agar menindak pelaku pembakaran lahan. “Kalau memang ada perusahaan yang terlibat, perkebunan atau pertambangan, juga harus ditindak,” kata dia.

Ia melanjutkan, sedangkan di Kabupaten Kubu Raya yang berbatasan langsung dengan Kota Pontianak, hotspot sekitar tiga buah. “Kalau angin dari selatan ke utara, yang datang kabut asap dari Kabupaten Ketapang ke Pontianak,” katanya.(red)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1526 kali