WARGA PULAU LEMUKUTAN DUKUNG PEMBANGUNAN KEBUN KIMA

PONTIANAK, KB1 – Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Pontianak akan membangun kebun Kima (Kima Park) di Perairan Pulau Lemukutan Kabupaten Bengkayang. Dipilihnya lokasi tersebut karena perairan sekitar Pulau Lemukutan merupakan habitat kerang raksasa atau kima. Selain itu, lokasi ini juga menyimpan keanekaragaman jenis kima yang cukup besar, dari 7 jenis kima yang ditemukan di perairan Indonesia, 3 jenis diantaranya terdapat di perairan Pulau Lemukutan. Ketiga jenis kima tersebut adalah kima lubang (Tridacna crocea), kima kecil (Tridacna maxima), dan kima sisik (Tridacna squamosa). Ditemukan juga jenis kima yang memiliki karakteristik seperti kima sisik (Tridacna squamosa) dan juga kima kecil (Tridacna maxima) dan saat ini sampel jenis kima tersebut akan diidentifikasi lebih lanjut. Menurut Kepala BPSPL Pontianak, Suko Wardono, A.Pi., M.Si, data spesies tersebut mereka peroleh setelah melakukan penelitian di Pulau Lemukutan beberapa waktu lalu.

“Ini adalah hasil survey dan identifikasi kima yang telah dilakukan oleh BPSPL Pontianak di perairan sekitar Pulau Lemukutan pada tanggal 28 September sampai 4 Oktober 2015 yang pelaksanaannya dilakukan bersama-sama dengan masyarakat setempat” paparnya.

Kima termasuk kedalam biota yang dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999, sehingga keberadaannya harus dilestarikan dan dijaga secara bersama-sama.

Syaiful, salah satu warga Pulau Lemukutan yang sebelumnya berprofesi sebagai pencari, pengumpul, sekaligus penjual kima turut serta bersama tim melaksanakan penelitian. Setelah mendapat penejelasan bahwa kima itu dilindungi, kini Syaiful dan juga warga lainnya menyadari bahwa potensi kima yang sangat banyak terdapat di perairan Pulau Lemukutan ini bisa mendatangkan banyak keuntungan jika dimanfaatkan dalam bentuk wisata.

Keindahan kima di perairan bisa dijadikan objek wisata yang sangat menarik. Syaiful dan juga warga lainnya sepakat untuk membuat kebun kima di perairan Pulau Lemukutan, lokasi kebun kima tersebut akan dijaga untuk dijadikan daya tarik wisatawan yang datang ke Pulau Lemukutan. Warga setempat kebun kima yang akan dibangun nantinya bisa memberikan manfaat bagi mereka dan per-ekonomian di Pulau Lemukutan.

“Kami harap keberadaan kebun kima tersebut bisa mendatangkan banyak sekali keuntungan bagi masyarakat. Masyarakat bisa diuntungkan dengan banyaknya wisatawan yang datang, penginapan dan warung-warung makan menjadi ramai, adanya wisatawan yang menyewa peralatan snorkeling, dan masih banyak juga keuntungan lain” pungkasnya (wah/06).

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1921 kali