BLH Pantau Kualitas Air Sungai Kapuas

PONTIANAK, KB1 – Untuk mengetahui kualitas air di Sungai Kapuas, Badan Lingkungan Hidup Kota Pontianak melakukan pengambilan sampel air, Rabu (24/12/2014) Siang. Dalam pemantauan rutin ini, BLH mengambil sampel air di enam lokasi di sepanjang Sungai Kapuas.

“Hingga kini masyarakat masih banyak yang menggunakan air Sungai Kapuas untuk keperluan sehari-hari,” kata Firmansyah, Kabid Repitalisasi Badan Lingkungan Hidup Kota Pontianak.

Oleh karena itu, lanjut dia, pemantauan kualitas air dianggap penting untuk dilakukan. Dalam hal ini, BLH Kota Pontianak sendiri rutin melakukan monitoring kualitas air sebanyak dua kali dalam setahun untuk menginformasikan level kelayakan air Sungai Kapuas.

“Dalam monitoring rutin ini BLH mengambil sampel air sungai kapuas di enam lokasi  di setiap lokasi terdapat tiga titik sampel, masing-masing di dua titik tepian sungai dan tengah sungai,” jelasnya.

Ia menambahkan setiap titik tersebut kemudian diukur parameter fisika dan kimianya untuk mengetahui kualitas air. Hasil dari pemantauan, kemudian akan dirangkum menjadi sebuah buku pemantauan tahunan.

“Buku tersebut kemudian dapat menjadi informasi bagi masyarakat yang ingin mengetahui kualitas air sungai Kapuas,” ungkapnya. (Tan/02)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1383 kali