Cara Memelihara Cacing Nipah

Ilustrasi Cacing Nipah

Cacing nipah atau yang juga disebut dengan kapang, biasanya digunakan sebagian orang sebagai umpan untuk memancing ikan. Dan terkadang umpan cacing nipah tersisa setelah kita selesai memancing. Cacing nipah yang tersisa biasanya dibiarkan saja bahkan dibuang.

Sehingga ketika kita ingin memancing di keesokan hari, dan ingin mencari umpan cacing nipah, kita harus mencarinya kembali karena cacing nipah sisa memancing kemarin sudah mati dan tidak bisa digunakan.

Nah kali ini akan diberikan cara memelihara cacing nipah sisa dari umpan memancing agar bisa selalu digunakan ketika anda akan memancing. Karena cukup sulit untuk mencari cacing nipah dan kalau beli, harganya juga cukup mahal.

  1. Cacing nipah diusahakan untuk disimpan didalam wadah tersendiri, kalau bisa jangan wadah yang terbuat dari besi atau seng. Karena cacing nipah hidup di habitat air payau yang mengandung zat garam. Wadah yang terbuat dari besi atau seng bisa terkena korosi karena zat garam dari cacing nipah tersebut, dan membuat cacing nipah tidak bisa bertahan lama.
  2. Tidak boleh menyimpan cacing nipah didalam kantong plastik, karena wadah yang berbahan kantong plastik itu sangat tipis, mudah bolong, sehingga dikhawatirkan cacing nipah akan lari dari wadah kantong plastik tersebut.
  3. Saat pemancing menggunakan cacing nipah, biasanya cacing nipah dipotong bagian ekornya, karena sisa cacing nipah dibagian kepala masih bisa hidup dan segar ketika ingin digunakan lagi. Nah dibagian ini juga harus diperhatikan, karena sisa potongan kepala cacing nipah, harus disimpan terpisah dari cacing nipah yang masih utuh, karena cairan dan lendir cacing nipah yang dipotong tadi, dapat membunuh cacing lainnya yang masih utuh. Jadi cacing nipah yang sudah dipotong harus disimpan di wadah lain.
  4. Setelah selesai memancing, cacing nipah seharusnya disimpan ditempat yang sejuk, terhindar dari semut atau tikus. Direkomendasikan disimpan di ember plastik, dan dibawahnya diberi alas baskom atau piring yang diberi air, agar suhu ember tetap sejuk, sehingga cacing nipah dapat bertahan hidup.

Nah itu dulu beberapa tips cara memelihara cacing nipah untuk keperluan memancing ikan, jika kamu ingin membaca tentang budidaya cacing nipah, bisa simak artikel berikut : Cara Mudah Budidaya Cacing Nipah

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1737 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published.