Cara Mudah Lebarkan Ekor Ikan Cupang dan Membuatnya Lebih Berani

0
Ilustrasi.net

Pontianak-Ekor Ikan Cupang yang lebar menjadi daya tarik tersendiri bagi mata mereka yang hobi mengoleksi dan sering ikut dalam kontes atau pun pasar jual beli Ikan Cupang. Dengan ekor yang lebar nilai keindahan dan kemolekan Ikan Cupang bisa bertambah, sehingga juga menambah harga jual dari Ikan tersebut.

Lantas apakah betul ekor Ikan Cupang bisa dilebarkan dengan treatmen tertentu atau memang tak bisa karena ekor yang lebar sudah alamiah? Kalau bisa bagaiman pula caranya?

Nah berikut ini adalah tutorial atau cara melebarkan ekor Ikan Cupang, terutama jenis Ikan Cupang plakat HMPK agar ekornya bisa lebar minimal 180 deratat.

Gen Ekor Lebar
Salah seorang Pengoleksi Ikan Cupang di Purwokerto; Aris Cupang dalam video di salah satu chanel Youtube menjelaskan, pertama kali yang harus anda pastikan yaitu gen. Genetika dari Ikan Cupang yang hendak dibuat lebar tersebut menurut Aris harus berasal dari gen Cupang ekor lebar.

“Kalau gennya itu lebar, jadi Insya’Allah nanti itu pasti dia bisa akan lebar. Cuma bagaimana caranya supaya ekornya itu tambah melar,” ujar Aris dalam videonya.

Wadah Luas
Nah Cupang dengan gen ekor lebar tersebut harus di simpan dalam wadah atau soliter yang luas (lebar, panjang dan tinggi). Minimal ukuran wadahnya 15 cm panjang x 15 cm lebar x 20 cm tinggi.

“Kalau masih di tempat yang kecil, apalagi di botol itu kadang ngak mau melar,” jelas Aris.

Kemudian sekat pembatas antara wadah Cupang yang hendak dicoba untuk dilebar melarkan ekoranya jangan terlalu sering dibuka.

Sering Diajak Main
Selan itu cobalah untuk sering diajak main. Maksud diajak main dalam video tersebut langsung dipraktekan Aris. Dengan menggunakan pulpen Ia memainkan gerak pulpen tersebut tersebut ke kanan kiri, atas dan bawah, agar Cupang yang ditempat kan di wadah yang luas mengikuti gerak pulpen tersebut.

“Kenapa mesti menggunakan pulpen, karena kalau penjurian nanti memang biasanya memakai pulpen. Itulah rahasianya supaya Ekor Ikan Cupang anda tambah lebar dan mental nyalinya tambah berani.” jelasnya.

Setelah itu Aris melanjutkan, apabila dilihat ada progres kemajuan dari lebar Ikan Cupang anda bisa menambah ukuran luas wadah soliternya. Dengan ideal ukuran 30 cm panjang x 15 cm lebar x tingginya 17 atau 20 cm.

Tapi ingat dengan wadah soliter yang luas menurut Aris tentu ada kekurangannya. Wadah yang luas kata Aris membutuhkan banyak air. Jadi anda harus menyiapkan airnya/endapanya dengan volume lebih banyak.

“Kemudia begitu juga dengan mengurasnya itu perjuangan banget. Karena dengan wadah soliter yang luas dan volume air yang banyak tentu menjadikannya berat. Jadi kalau 10 atau 20 kali nguras itu udah luar biasa. Makanya mengapa ikan amunisi itu harganya lebih tinggi dibandingkan dengan ikan bahan, karena proses melatih dan mengganti airnya juga lumayan harus berjuang” jelas Aris.

Dalam video tersebut Aris juga memperilihatkan puluhan ekor Ikan Cupang yang ekornya berhasil Ia jadikan lebar dan sedap dipandang mata.

Dalam penutup videonya Aris mengatakan mudah-mudahan tips darinya bisa bermanfaat dan membuat anda mencobanya. Ingat harus Dengan wadah yang luas seperti ukuran yang disebutkan di atas, dan diterapkan kepada terutama ke Ikan Cupang yang progres agar bisa dijadikan Ikan amunisi. (Aw/02)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 86 kali