Penjual Pernak Pernik HUT RI Percantik Kota Sekadau

0
Bendera Dan Umbul-Umbul Pedagang Yang Menghiasi Jalanan Kota Sekadau. Kalbaroke.com

Sekadau, KalbarOke.com – Jelang Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 73, Jalan Merdeka Timur, Kabupaten Sekadau, dipenuhi penjual bendera dan pernak-pernik hari kemerdekaan sejak sebulan terakhir. Warna merah dan putih mendominasi sudut kota, sekilas justru tampak mempercantik kota, yang digelar para pedagang musiman asal Pulau Jawa.

Di Kabupaten Sekadau, para pedagang musiman sebagian besar menggelar dagangan pernak-pernik hari kemerdekaan, di Jalan Merdeka Timur, lokasi ini dipilih pedagang karena berada persis di pusat Kota Sekadau. Untuk harga bendera serta beragam pernak-pernik perayaan hari kemerdekaan, dijual antara Rp 5.000 hingga Rp 500.000 sesuai ukuran.

Satu diantara pedagang, Dadang mengaku sudah berjualan bendera dan beragam pernak-pernik hari kemerdekaan di Kabupaten Sekadau sejak 2007 lalu. Pedagang asal Garut, Jawa Barat ini, setiap tahun sengaja mengadu nasib ke Sekadau karena melihat peluang besar dari momen perayaan hari kemerdekaan. seperti tahun lalu, dia mampu meraup untung hingga Rp 5.000.000 selama 1 bulan berjualan.

Lokasi yang digunakan untuk menggelar dagangan diakui Dadang memang tidak mengantongi izin secara resmi dari pemerintah setempat. Bahkan dia pernah diusir lantaran membuka lapak di depan taman kota. Namun setelah bernegosiasi, mereka kembali dizinkan berjualan, dengan syarat tidak boleh menggunakan taman kota sebagai lapak berjualan.

Meski para pedagang musiman ini menggelar jualan di pinggiran jalan menggunakan fasilitas umum, namun sekilas justru tampak mempercantik kota. Merah putih, warna yang begitu sakral bagi bangsa inipun mendominasi pusat kota, mengingatkan kita momen peringatan HUT Kemerdekaan RI yang sudah dekat. (YD)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 449 kali