Tim Sampan Todak Juara “Bidar Race” di Sirkuit Muara Ulakan Sambas

SAMBAS, KB1- Tim sampan bidar “Todak” dari Dinas Kelautan dan Perikanan Sambas berhasil menaklukkan sirkuit Muara Ulakan Sambas pada kejuaraan lomba Bidar Race tingkat Kalbar, Minggu (12/10/2014) pukul 15.00 WIB.

Disaksikan ribuan penonton memadati arena perlombaan di Taman Alun-alun Keraton Sambas ini, tim Todak mampu mengalahkan pesaingnya dari Tim Pangeran, asal Desa Sumber Harapan di tempat II dan Tim Dewa Satu, asal Desa Dalam Kaum di tempat III. Adapun posisi IV diisi Tim Cahaya Zein asal Desa Lubuk Dagang.

Koordinator pelaksana lomba Tajili mengatakan pada pertandingan sampan Bbdar tahun ini diikuti 17 tim, yakni satu tim berasal dari Kota Pontianak dan selebihnya dari Kabupaten Sambas. Selain katagori bidar, panitia penyelenggara juga mengikutsertakan katarogi sampan dragon boat. Katagori ini diikuti oleh tujuh tim. Tajili mengatakan seluruh tim ini berasal dari Sambas.

Menariknya, khusus tim ini, dalam satu perahu diisi sebanyak 22 orang, dengan rincian, 20 orang pendayung, satu orang penabuh gendang dan satunya lagi adalah pengemudi perahu. Acara lomba Bidar Race sendiri digelar oleh Rancak Entertainment dan didukung oleh Dinas Porabudpar Kalbar, Podsi Kalbar dan sambas

Kepala Dinas Pemuda, Olaraga, Budaya dan Pariwisata, Asmani menyebutkan lomba sampan bidar ini sebenarnya dilaksanakan setiap tahun. Hanya saja enam tahun terakhir lomba ini sempat vakum dengan berbagai kendala. Beruntung pihak penyelenggara bisa menggelar tradisi ini kesenian ini di Sambas. Menariknya, tahun ini, ternyata katagori lomba perahu Dragon Boat, merupakan pertama kali digelar di Sambas.

Wakil Bupati Sambas, Pabali Musa, turut menyaksikan langsung jalannya pertandingan pun berdecak kagum. Menurutnya, olahraga ini sudah menjadi kegiatan yang mendunia dan sudah menjadi bagian yang sudah tak dapat dipisahkan dalam keseharian masyarakat.

Bahkan melalui olah raga, ia yakin daerah mampu membangun gerakan nasional karakter bangsa. Mengingat olahraga ini ada nilai identitas diri, identitas bangsa dan kebanggaan nasional

Ia berharap dengan adanya perlombaan sampan bidar akan melahirkan bibit-bibit olahragawan yang memiliki semangat tinggi dan pantang menyerah untuk mengharumkan nama Kalbar ke jenjang lebih tinggi. “Bila perlu ke tingkat nasional dan internasional,” katanya. (tel)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1528 kali